Tidak Ada Sapi Hari Ini

Tidak ada sapi hari ini–di Iduladha tahun 2022.  You know-lah penyakit mulut dan kuku (PMK) telah menyerang sapi-sapi di dua bulan terakhir. Kalau enggak salah kasus ini mencuat beberapa pekan setelah hari raya idul fitri. Kemudian pertama kali ditemukan di Jatim dan Aceh.

Satu kata yang muncul pertama kali dalam benak saya adalah kenapa? Kenapa kasus PMK muncul menjelang hari raya iduladha?  Apakah ada konspirasi dibalik kasus PMK ini?

Eh, jangan diambil serius yaaa saya hanya bercanda hehe.

Akan tetapi, kadang dengan serampangnya saya pernah mempertanyakan hal tersebut. Entah memang kebetulan (jalan dari Semesta) atau adanya konspirasi saya pun tidak tahu.

Semoga saja, kasus PMK ini bukan tindakan dari para aliansi shadow economy dalam mengalihkan issu tertentu. *Eh, lagi-lagi aliansi shadow economy yang dibawa-bawa haha..

Tidak Ada Sapi Hari Ini

You know-lah kendati telah diinformasikan, bila daging sapi yang terinveksi tidak menular kepada manusia. Namun sepertinya masyarakat masih enggan. Khawatir pun bisa jadi ada sedikit trauma.

Maklumlah, mayoritas masyarakat di lingkungan saya seorang peternak sapi. Kemudian kasus PMK yang meradang membuat para peternak ketar-ketir, bimbang, dilema dan berupaya mengiklaskan takdir hewan peliharaan mereka.

Alhasil, takmir masjid di dekat rumah saya memutuskan memilih kambing sebagai hewan kurban. Kendati demikian cukup bersyukur, sebab 16 ekor kambing masih bisa menjadi pelengkap di hari raya tahun ini. 16 ekor kambing tersebut masih bisa dijadikan bahan eksperimen saya di dapur, hehe.

Walaupun tidak ada sapi di Hari Raya Kurban kali ini, saya bersyukur masih diberi kesempatan untuk memeriahkannya. Semoga ditahun selanjutnya pun, dapat bersua.

Hikmatul Ika

Manusia yang menyukai dunia kepenulisan, baik sebagai blogger dan Pengarang.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form