Pantai Wotgalih

Pantai Wotgalih terletak di Desa Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang. Berada 30 km di Selatan Kota Lumajang dan membutuhkan waktu sekitar 45-60 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Pantai Wotgalih merupakan sebuah kawasan pantai yang panjang dengan hamparan pasir berwarna hitam yang dikenal dengan pasir besi mengandung mineral tambang bermutu tinggi dan memiliki ombak yang cukup besar.

Selain ombaknya yang besar, suasana yang masih alami, dan pemandangan yang dapat memanjakan mata, salah satu hal menarik lainnya adalah berdirinya beribu tenda di sepanjang pesisir. Uniknya, tenda-tenda itu didirikan hanya sekali dalam setahun yakni pada hari ketujuh setelah hari raya idul fitri. Tenda-tenda itu didirikan oleh muda-mudi masyarakat sekitar pantai yang tengah merayakan hari raya idul fitri dan hari raya ketupat.

Banyak masyarakat dari desa tetangga bahkan dari berbagai kecamatan yang ikut berbondong-bondong membangun tenda, atau hanya menikmati deburan ombak dan meluangkan waktu liburan bersama keluarga di Pantai Wotgalih ini. Sehingga, pemerintah ataupun perangkat desa berupaya untuk menambah fasilitas untuk menunjang objek wisata dengan membangun beberapa gazebo di sepanjang jalan menuju pantai, kamar mandi, musola, dan membangun jembatan yang menghubungkan daratan dengan muara sungai.

Suasana di Pantai Wotgalih bila di hari-hari biasa cukup sepi, namun di akhir pekan banyak anak muda maupun orang dewasa yang berlibur di akhir pekan sambil bersepeda. 

Meningkatnya pengunjung membuat beberapa warga membangun usaha warung kecil seperti berbagai macam minuman, makanan ringan, dan nasi. Tidak ada tagihan tiket masuk di hari-hari biasa, namun saat hari libur pengunjung akan dikenakan tiket seharga Rp. 3000 perorangnya.

Hikmatul Ika

Manusia yang menyukai dunia kepenulisan, baik sebagai blogger dan Pengarang.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form