5 Tips Meningkatkan Traffic Blog untuk Blogger Pemula

Sebagai blogger, siapa sih yang tidak ingin tulisannya dibaca? Apalagi jika dari Teteman merupakan blogger pemula yang mencoba mengembangkan blog masing-masing.

Enggak perlu muluk-muluk menginginkan banyak hadiah ataupun harta karun. Ada yang bersedia membaca tulisan yang diunggah dalam blog saja bahagianya luar biasa. Benar enggak? Asli, sesederhana itu bahagianya seorang blogger, haha. Eh, saya! Upsss

Kehadiran pembaca saya kira cukup memberikan dampak yang signifikan bagi seorang blogger ataupun profesi sejenisnya, baik penulis karya sastra (prosa dan puisi) ataupun penulis konten.

Sebab hal tersebut memberikan suatu efek yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Dalam hal ini bisa memberikan rasa puas dan merasa dihargai. Seolah-olah hasil tulisan tersebut telah mengubah dunia, padahal tulisannya hanya berupa opini atau sebatas membahas sebuah informasi serta kegemaran tertentu. Ada yang merasa begitu juga enggak sih?

Namun dibalik itu semua, sebagai blogger pemula kadang kala timbul rasa minder yang disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya karena ketiadaan traffic. Fyi, traffic adalah pengunjung dalam sebuah situs atau website yang meliputi jumlah, banyaknya halaman yang dibaca berikut durasi ketika membuka dan membaca di situs atau website tertentu.

Ketiadaan traffic tersebut biasanya pun memunculkan berbagai spekulasi tersendiri. Seperti halnya si penulis akan bertanya-tanya apakah tulisannya terlalu amburadul atau tidak menarik dan sebagainya.

5 Tips Meningkatkan Traffic Blog untuk Bloger Pemula

Dalam konteks ini, padahal bukan karena tulisan (konten dalam blog) yang tidak bagus. Melainkan ada beberapa hal yang memang perlu penulis lakukan sebagai blogger pemula.

Lantas,apa sajakah 5 tips meningkatkan traffic blog untuk blogger pemula tersebut?

1.  Rutin Membuat atau Menulis Konten

Seperti bukan rahasia umum lagi sih, bila rutin membuat atau memposting konten diblog akan mendatangkan hal yang cukup luar biasa untuk blog itu sendiri. Sebab setiap pembaca mempunyai alasan kenapa mereka bisa berkunjung ke blog tersebut.

Coba fikirkan, bagaimana bisa suatu blog yang tidak ada kontennya akan dikunjungi pembaca?

Dalam hal ini, Teteman yang ingin terjun ke dunia per-blogger-an perlu menulis sesuai dengan minat terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan, Teteman dapat konsisten menulis konten tanpa harus merasa terbebani.

Sebab tahu sendirilah, bagi sebagian orang menulis kadangkala dianggap sebagai kegiatan yang cukup membosankan. Namun ketika Teteman telah menentukan tema tulisan sesuai minat dan tanpa “embel-embel” dibelakangnya, saya kira lambat laun pun blog Teteman akan meningkat pesat, baik secara SEO dan disukai oleh algoritma google serta pembaca.

 

2.  Melakukan Promosi Secara Mandiri

Selain menulis konten, mempromosikan blog secara mandiri juga perlu dilakukan. Teteman dapat mempromosikannya pada rekan yang hobi menulis atau membagikannya ke media sosial.

Memangnya siapa sih dizaman sekarang yang tidak mempunyai media sosial? Bahkan, beragam informasi tersedia di sana. Jadi enggak ada salahnya untuk Teteman mencoba mempromosikan kontennya di media sosial masing-masing.

Tujuan mempromosikan konten secara mandiri ini tentu untuk menarik pembaca yang mempunyai kegemaran serupa. Siapa tahu, apa yang Teteman tulis merupakan jawaban yang selama ini rekan Teteman cari.

 

3.  Ikut Komunitas

Tahap ketiga yang perlu Teteman lakukan sebagai blogger pemula yakni ikut komunitas. Dalam hal ini, ada yang harus digaris bawahi yaaa bila enggak perlu malu untuk ikut komunitas blogger atau menulis mana pun. Sebab mengikuti komunitas mempunyai banyak manfaat.

Salah satu manfaat mengikuti sebuah komunitas bagi blogger pemula selain menambah teman sesama blogger, tentu akan meningkatkan semangat untuk terus berkarya. Enggak hanya itu, Teteman bisa mencari referensi dari sesama anggota komunitas loh!

Ibaratnya kata pepatah, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, haha. Yups, ikut komunitas akan mendapat teman baru baik pemula atau blogger yang telah mahir dan tanpa sengaja pun dapat menambah jumlah traffic blog.

 

4.  Mengikuti Lomba Blog

Ditahap keempat yang perlu Teteman lakukan adalah mengikuti lomba blog. Eh, enggak salah? Saya kan masih pemula dan bla bla bla!

Tentu saja tidak ada batasan untuk ikut lomba blog baik pemula ataupun tingkat mahir. Sebab kadang kala mengikuti lomba blog dapat mendatangkan pengunjung (traffic organic) yang bagus untuk blog Teteman.

Disisi lain, mengikuti lomba blog untuk blogger pemula dapat dimanfaatkan sebagai ajang untuk mengetahui tingkat kemahiran dalam mengolah kata menjadi sebuah tulisan yang informatif. Selain itu siapa tahu, tiba-tiba pun dapat hadiah, hehe.

 

5.  Menggunakan Jasa SEO

Kalau pun Teteman kurang berkenan mengikuti tips untuk melakukan promosi secara mandiri, ikut komunitas dan ikut lomba blog, Teteman dapat memanfaatkan jasa SEO untuk meningkatkan traffic blog. Dalam hal ini tentunya Teteman perlu mengeluarkan biaya yaaa.

Salah satu jasa penyedianya bernama SproutGigs. Pada dasarnya SproutGigs adalah sebuah situs yang mempertemukan antara employers dan freelancer dari berbagai belahan dunia. Di situs ini, Teteman dapat menjadi employers untuk meningkatkan traffic blog.

Jangan takut tidak ada yang mendaftar sebagai freelancer, bila Teteman berencana menjadi employers. Sebab sudah banyak loh, para bloger dari Indonesia dan luar negeri yang memanfaatkan jasa dari situs SprotGigs ini. Bahkan, para freelancer seluruh dunia sudah tergabung di dalamnya dan salah satu diantaranya adalah saya, hehe. Yuk! bertemu di SproutGigs.

Well... itulah 5 tips meningkatkan traffic blog untuk blogger pemula berdasarkan pengalaman saya. Tentu beda blogger beda pula caranya. Namun dari kelima tips yang telah saya bahas di atas, cukup bekerja kok diblog saya ini, hehe. See yaa..

 

 

 

x

Hikmatul Ika

Manusia yang menyukai dunia kepenulisan, baik sebagai blogger dan Pengarang.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form