Review Drama The First Responders

Kim Rae Won–kembali menampilkan keahliannya dalam berseni peran pada drama berjudul The First Responders. Dalam drama The First Responders ini, Rae Won beradu peran dengan Son Ho Jun dan Gong Seung Yeon.

Ngomong-ngomong, The First Responders pada dasarnya terdiri dari 24 episode. Akan tetapi penayangannya dibagi menjadi dua musim. Penayangan dimusim pertama pada 12 November 2022 dan musim kedua pada 4 Agustus 2023.



Kendati terdiri dari 24 episode dengan tayangan dua musim, Kim Rae Won dkk masih membuat saya gagal move on. Seseru itu nonton The First Responders karena selalu dibuat penasaran pada tiap episodenya. Hingga rela nunggu hampir setengah tahun untuk melanjutkan penayangan dimusim keduanya, haha. 

Bagi saya enggak hanya jalan ceritanya saja yang bagus dan menarik, tapi pendalaman karakter yang dibawakan oleh para aktor dan aktrisnya begitu memukau. Bagi Teteman yang belum nonton coba deh nonton, apalagi bagi Teteman yang suka dengan tema drama kriminal-aksi dengan sedikit romansa, saya kira pun suka dengan drama ini. Lalu bagi Teteman yang sudah nonton, enggak ada salahnya dong kita berdiskusi di sini? Hehe.

Dalam drama The First Responders Kim Rae Won berperan sebagai Jin Ho Gae. Dia seorang detektif yang begitu gigih, jujur dalam menangani berbagai kasus kriminal. Dia orang yang realistis, tidak begitu memuja kekuasaan, padahal ayahnya seorang jaksa. Namun dia memilih jalannya sendiri, hingga sering dipindahtugaskan karena selalu melanggar perintah atasannya yang korup.

Sama halnya kala itu, dia dipindahtugaskan ke Taewon karena kedapatan menghajar salah seorang pelaku yang berhasil lolos dari jeratan hukum. Ho Gae yang sudah bekerja keras agar sang pelaku mendapatkan hukumannya, malah dibuat geram dan tidak bisa mengontrol emosinya. Jadilah, sidang disipliner untuk Ho Gae hingga sampai di Kepolisian Taewon.

Dalam memerangi dan menangani kasus kejahatan di Taewon, Ho Gae tidak hanya dibantu oleh rekan sesama polisi. Namun turut andil pemadam kebakaran yang kebetulan berada tepat di sebelah gedung kepolisian. 

You know-lah, masalah yang ditangani kepolisian Taewon tidak hanya tentang kriminal. Dalam hal tersebut, pemadam kebakaran pun akan turun tangan. Ibaratnya nih, kepolisian dan pemadam kebakaran Taewon itu seperti uang koin. Walau mempunyai sisi yang berbeda, tapi saling melengkapi, hehe.

Dalam kelompok pemadam kebaran ada Bong Do Jin (diperankan oleh Son Ho Jun) yang mempunyai sifat tak kalah mirip Ho Gae. Dia seorang penyidik kebakaran yang begitu mendedikasikan diri dan pekerja keras. Perbedaan dari Ho Gae dan Do Jin hanya pada bentuk mengekspresikan perasaan. Do Jin dapat memberikan perlakuan lembut pada orang terdekatnya, apalagi orang yang disukainya, sedangkan Ho Gae bersikap ketus, perkataannya terdengar kasar seolah-olah tak peduli, padahal hatinya begitu peduli.  

Selain itu ada Song Seol (diperankan oleh Gong Seung Yeon) yang bertugas sebagai paramedis di pemadam kebakaran Taewon. Dia seseorang yang begitu lembut juga cekatan dalam memberikan pertolongan pertama pada tiap korban atau orang-orang yang terluka.

Kerja sama antara kepolisian dan pemadam kebakaran Taewon pun tidak jarang memunculkan beragam kesalahpahaman, apalagi Ho Gae dengan Bong Do Jin. Keduanya saling berlomba dalam menemukan titik masalah dan berlomba-lomba menarik perhatian Song Seol. 

Ya, Song Seol. Dia yang tak pernah pandang bulu mengobati orang yang terluka, baik korban juga para pelaku. Selain itu, dia pernah menyelamatkan seekor kucing yang sekarat dengan melakukan CPR hingga jantung kucing tersebut kembali berdetak. 

Kalau sudah begitu, siapa yang tidak tersentuh dengan kelembutan Song Seol, coba? Bahkan Ho Gae yang kaku seperti robot saja bisa menaruh hati pada Song Seol. Namun siapakah yang dapat menarik perhatian Song Seol kemudian?

Fyi, menanggapi salah satu scene tersebut menurut saya bukan karena tugas Song Seol sebagai paramedis. Sebab mengingat latar belakang Song Seol yang seorang anak yatim piatu dan sejak bayi ditinggalkan orang tuanya di rumah sakit. Kemudian diasuh oleh salah satu perawat di sana, membuat dia begitu peduli pada sekitar.

Dari sedikit deskripsi para tokoh sentral di atas bisa ditebak dong The First Responders bercerita tentang apa?

Secara garis besar The First Responders bercerita tentang kerja sama antara kepolisian dan pemadam kebakaran dalam menangani berbagai kasus di Taewon. Sama halnya pada kisah aksi kriminal lainnya, para tokoh dalam drama The First Responders mencoba menangani berbagai konflik yang terjadi di wilayah tersebut dengan penuh perjuangan dan kegigihan.

Dalam drama ini, tak hanya menyuguhkan konflik tentang kriminal yang dilakukan oleh masyarakat. Namun turut pula penyelesaian dari konflik ketiga tokoh sentralnya. Seperti konflik Jin Ho Ge yang mencoba mencari dalang dari menghilangnya gadis bernama Kim Hyun Seo yang begitu menyita hidupnya. 

Bong Do Jin yang mencoba berdamai dengan diri sendiri. Setelah menyesal karena tidak menolong temannya yang terbakar api waktu kecil. Kemudian penerimaan Song Seol sebagai anak tanpa orang tua.

Kendati pada dasarnya ketiga tokoh sentral tersebut mampu menyelesaikan konflik pada diri sendiri dan penonton mengharapkan ending yang bahagia. Namun para penggemar The First Responders perlu berlapang dada pada peristiwa yang merenggut Bong Do Jin. Dia gugur dalam menjalankan tugas dalam kasus kebakaran berantai diawal episode musim kedua.

Entah apa tujuan penulis mengeliminasi Do Jin. Sehingga membuat para penggemar melayangkan rasa kecewa. Apakah ingin memutus rantai cinta segi tiga antara Ho Gae, Do Jin dan Song Seol, atau ada intrik lainnya?

Namun yang jelas, setelah kepergian Bong Do Jin dalam drama ini hanya sedikit yang menyorot tentang petugas pemadam kebakaran. Dalam musim kedua lebih banyak melibatkan kepolisian dengan petugas NSF (National Forensic Service) karena dalam musim kedua mulai menyelesaikan dalang dari berbagai kasus awal Ho Gae. 

Seperti yang telah saya ulas diawal, Ho Gae didepak ke Taewon karena begitu gigih mengincar dalang dari kasusnya di Seoul. Dalang tersebut berhasil membangun kerajaan melalui berbagai kaki tangan sehingga sulit ditangkap. Kemudian diakhir cerita, sang dalang muncul dan memutuskan berhadapan langsung dengan Ho Gae.

You know-lah plot twist-nya begitu gereget dong! Dalangnya malah salah satu petugas pengganti di NSF–dia seorang dokter yang terampil di meja operasi yang juga pandai merakit bom. Enggak hanya itu, dia bahkan menjadi salah satu petugas yang terlibat dalam otopsi. Kurang mengerikan apa coba?

Fyi, tujuannya si dokter bernama Han Se Jin alias DEX ini ikut yaaa ingin menunjukkan keterampilannya dan sebagai penghargaan pada diri sendiri. You know-lah, kesenangan psikopat kan beda-beda. Ada yang mengambil ini, itu untuk cindera mata atas bentuk pencapaiannya.

Nah, selain untuk penghargaan pada diri sendiri, Se Jin juga mencoba menyingkirkan barang bukti. Namun Ho Gae yang mulai menyadari hal tersebut, kemudian langsung melakukan penyergapan. Akan tetapi, penyergapan tersebut tidak berjalan mulus. Sebab pada kenyataannya, Se Jin telah menyiapkan rencana yang begitu matang untuk membunuh Ho Gae dan orang-orang yang terlibat.

Sayangnya, saya kira Se Jin belum mengenal si anjing kampung Ho Gae. Detektif yang cerdik penuh intrik ternyata berhasil mengecoh Se Jin. Walhasil kasus berhasil ditutup dan kisah The First Responders berakhir bahagia.

Entah mengapa drama The First Responders begitu berkesan. Saya gagal move on dari akting Song Seol yang begitu ekspresif, apalagi karakter Jin Ho Ge yang menurut saya begitu cocok diperankan oleh Kim Rae Won. 

Enggak hanya itu, banyak scene yang begitu menyentuh. Salah satu scenenya ketika Ho Gae bermediasi dengan salah seorang anak gadis. Ho Gae yang terkenal ketus, dingin itu berhasil membuat suasananya mencair, walau penuh getir.

Well begitulah secara garis besarnya drama The First Responders musim satu dan dua. Dari drama ini saya belajar, di dunia ini kamu enggak sendiri. Sebab akan ada orang yang datang diwaktu yang tepat. Sama halnya pertemuan Jin Ho Gae dengan Song Seol yang saling melengkapi.

Hikmatul Ika

Manusia yang menyukai dunia kepenulisan, baik sebagai blogger dan Pengarang.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form