Hal-hal Menarik dari A Business Proposal


Kalau ngomong masalah perdrakoran lagi nih, memangnya ada enggak sih yang belum tahu A Business Proposal? Ah, saya kira Teteman sudah nonton ‘kan? Eh semoga sudah, hehe.

Fyi, A Business Proposal bagi saya merupakan drakor kedua yang benar-benar saya ikuti setelah Our Beloved Summer. Enggak tahu mengapa sedang enggak mood untuk nonton setelah endingnya dua tokoh film dokumenter tersebut. Hingga kini masih saja terngiang-ngiang. Ada yang merasa begitu juga enggak?

Sama halnya Our Beloved Summer, A Business Proposal merupakan drakor bergenre komedi-romantis. Garapan dari kerja sama Netflix dan SBS. Sepertinya sih, produksinya sebelas dua belaslah dengan drama yang saya tonton sebelumnya.

Review Drakor A Business Proposal


Sinopsis A Business Proposal

Secara singkatnya drama ini tentang seorang peneliti makanan bernama Shin Ha Ri yang menyamar sebagai Jin Yeong Soe (temannya) pada kencan buta.

Yeong Seo yang berprinsip tidak ingin menikah melaui perjodohan itu pun telah beberapa kali meminta Ha Ri untuk menggantikannya. Dengan tujuan supaya perjodohan itu gagal. Lantas begitulah dengan kejadian kali ini.

Akan tetapi sayang, rencana Ha Ri dan Yeong Seo tidak semulus sebelumnya. Ha Ri kala itu malah dipertemukan dengan Kang Tae Mo–CEO  perusahaan di tempatnya bekerja.

Ha Ri yang kalang kabut agar identitasnya tidak terbongkar dan ingin misinya cepat selesai, berupaya bersikap “nakal” dan banyak bertingkah. Namun hal itu malah membuat Tae Mo menyukai sikap Ha Ri yang apa adanya.

Hingga disuatu ketika Yeong Seo mengaku kepada Tae Mo tentang apa yang mereka rencanakan tersebut. Dia pun mengaku bila tidak ingin menikah karena perjodohan.

Tae Mo yang merasa tersinggung meminta Yeong Soe untuk mempertemukannya dengan Ha Ri. Berawal dari sinilah Tae Mo dan Ha Ri seperti tikus dan kucing, bahkan meminta Ha Ri untuk melakukan perjanjian kontrak untuk menjadi sepasang kekasih palsu, supaya Tae Mo berhenti melakukan kencan buta yang telah direncanakan oleh sang kakek.

Namun siapa yang dapat menyangka, bila perjanjian kontrak itu membuat keduanya saling menambatkan hati? Apalagi Tae Mo yang pertama kali menyadari perasaan tersebut.

Lantas apakah perjalanan asmara antara CEO dan karyawannya berjalan dengan mulus?

Em, seperti yang sudah-sudah perbedaan status sosial membuat jarak diantara keduanya. Namun Tae Mo yang sudah menjadi budak cinta akut kepada Ha Ri berupaya meyakinkannya bila keduanya dapat bersama tanpa memusingkan pendapat orang lain.

Alur ceritanya memang cukup klise sih, tapi ada hal-hal menarik yang membuat drakor ini tidak boleh terlewatkan.

Nah, memangnya apa sih hal menarik dari drakor A Business Proposal ini?

Hal-hal Menarik dari A Business Proposal

Saya kira suatu hal yang menarik, akan membuat kesan yang mendalam bagi para menikmatnya. Begitu pula dari sebuah film dan karya-karya lainnya, right?

Lantas berikut hal-hal menarik dari A Business Proposal versi saya yang membuat drakor ini layak masuk dalam daftar tontonan diwaktu luang.

Chemistry Peran Utama

Ketika mengetahui poster promosi A Business Proposal, saya enggak mengira akan pecah seperti sekarang. Ekspektasi saya pada Ahn Hyo Seop yang dipasangkan dengan Kim Se Jeong pada awalnya enggak begitu bagus. Why?

Saya kurang suka dengan karakter Kim Se Jeong di salah satu dramanya di tahun 2017. Sehingga pandangan saya masih terbawa oleh karakternya di tahun tersebut. Saya pun sempat ragu, apakah keduanya akan cocok menjadi pemeran utama?

Nyatanya, kedua bintang ini berhasil berperan dengan begitu menarik. Menurut dewasa saya keduanya berhasil membangun chemistry dengan baik. Sehingga berhasil membawa suasana drama menjadi hidup. Terlebih, dengan kepribadian Kim Se Jeong yang ceria bisa membuat drama romcom berjalan dengan semestinya.

Begitu pulalah dengan Ahn Hyo Seop yang berhasil membawakan karakter Kang Tae Mo menjadi idaman para perempuan. Walaupun berkepribadiannya seorang introvert, tapi Ahn Hyo Seop berhasil bertingkah super lucu dan menggemaskan bahkan menampilkan karakter yang begitu berbeda dengan kepribadiannya.

Walaupun saya tahu profesinya memang bermain peran, tapi seseorang yang mengubah kepribadian yang enggak seharusnya dari dirinya itu membutuhkan usaha yang keras. Seriously, saya sangat mengapresiasi usahanya tersebut.

Persahabatan yang Solid

Dalam A Business Proposal ini saya cukup terkesan dengan persahabatan Ha Ri dengan Yeong Soe. Saya cukup takjub dengan sang penulis yang menggambarkan persabatan keduanya sangat erat. Mereka dua sahabat yang apa adanya, walaupun dengan latar belakang yang berbeda.

Memang sih, persahabatan dengan beda latar belakang sudah enggak asing di drakor apalagi kalau cinta beda kasta. Akan tetapi yang membuat salut persabahatan di A Business Proposal ini, keduanya bisa saling memahami, mengisi, merangkul satu sama lain tanpa memandang sisi apapun  hingga cerita berakhir.

Plottwist dari Peran Pembantu yang Menakjubkan

Beralih dari sang tokoh utama, salah satu alasan yang membuat A Business Proposal menarik perhatian saya adalah kisah hidup dari pemeran pembantu yakni Sekretaris Cha Sung Hoon.

Dia yang digambarkan sebagai seorang yang kharismatik, pekerja keras, lembut, setia dan penyayang, ternyata memiliki latar belakang yang membuat saya terenyuh.

Sekretaris Cha merupakan salah satu anak kurang beruntung yang mendapatkan dukungan dari keluarga Kang. Cha Sung Hoon kecil merupakan seorang anak yatim piatu di salah satu panti asuhan yang dikelola oleh keluarga Kang.

Semasa kedua orang tua Tae Moo meninggal, Cha Sung Hoon telah menjadi teman Tae Moo. Sehingga tanpa dipungkiri bila keberadaannya pun telah dianggap sebagai cucu sendiri oleh Presdir Kang (kakek Tae Mo).

Pendalaman Karakter Kakek Kang

Pada awal menonton karakter Kakek Kang, saya terkagum-kagum sepertinya tim produksi beruntung dan tepat dalam memilih pemeran si kakek.

Saya selalu gagal fokus dan terkesima dengan aksi si kakek saat berperan. Sebab terasa begitu natural baik dari segi komedi pun tingkah pongahnya. Apalagi keantusiannya dalam merencanakan kencan buta untuk Tae Moo, haha.

Tidak Bisa Mengubah Takdir

Sebagai manusia memangnya siapa sih yang bisa melangkahi takdir?

Dalam kasus ini, ketika Shin Ha Ri menaruh rasa cinta kepada sahabatnya selama tujuh tahun sehingga persahabatan itu berakhir begitu saja karena kecemburuan sang mantan kekasihnya, cukup tidak bisa ditebak sih. Walaupun saya sudah memperkirakan bila keduanya (Min Woo dan Yu Ra) tidak akan bertahan lama.

Saya kira Ha Ri akan cepat menerima Min Woo sebagaimana layaknya sahabat, sebelum kecemburuan mantan kekasihnya itu terkuak.

Namun saya baru terdasar, entah itu dalam fiksi atau kisah nyata bila sebagai manusia–kita membutuhkan jeda dan ruang untuk merebah, merenungkan, merefleksikan berbagai hal yang telah terjadi dalam hidup.

Well dari drakor A Business Proposal ini ada satu rangkuman pesan yang begitu melekat dalam ingatan saya, bila ketulusan tanpa materi baik dalam persahabatan dan cinta masih eksis juga bertahan pada orang-orang yang tepat.

Hikmatul Ika

Manusia yang menyukai dunia kepenulisan, baik sebagai blogger dan Pengarang.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form